Berita

Pemberitahuan Larangan Buang Sampah di Kawasan Megamas Manado yang Sangat Keterlaluan

 

JARRAKPOSMANADO Sejatinya masa jabatan Walikota adalah 5 tahun. Namun, Jimmy Rimba Rogi yang dilantik pada 23 Agustus 2005 sebagai Walikota Manado, sejatinya menjabat hingga Agustus 2010. Namun, karena bermasalah dengan KPK, dia hanya menjabatnya hingga 22 April 2008.

Sewaktu masih menjabat Walikota Manado, Imba pernah mencanangkan “Manado kota pariwisata dunia 2010”. Bisa jadi slogan itu disiapkan untuk mengincar masa jabatan kedua Walikota Manado atau bisa juga untuk jabatan Gubernur Sulawesi Utara.

Karena “putus di tengah jalan”, Walikota dan Wakil Walikota Manado berikutnya, Vicky Lumentut dan Harley Mangindaan mencanangkan “Manado Kota Model Eko Wisata.

Jadi kota Manado tidak pernah lepas dari kata pariwisata atau wisata. Namun, anehnya, di kawasan Megamas bagian belakang yang menghadap ke laut terdapat 2 papan pemberitahuan tentang larangan membuang sampah. Papan yang kesatu berada tepat 20 meter di depan restoran cepat saji McDonalds dan papan kedua berada di dekat tempat boat-boat yang akan membawa tamu ke Bunaken atau tempat lainnya.

Sayangnya, bahasa yang digunakan dalam pemberitahuan itu terlalu kasar. Bunyinya demikian: “Jika Anda tidak mampu membuang sampah pada tempatnya maka, telanlah makanan/minuman beserta bungkus-bungkus dan kemasannya.”

“Bahasanya memang kasar. Seharusnya pengelola kawasan Megamas menyadari dan menggantinya dengan bahasa yang sopan,” ujar Aprianto, salah seorang pengunjung kawasan belakang Megamas yang kebetulan sedang ngopi di warung di pinggir pantai itu.

“Bisa jadi ada yang tidak tersinggung dengan kata-kata kasar itu. Tapi saya justru sangat tersinggung. Masak pengunjung disuruh menelan makanan atau minuman sekaligus dengan bungkus atau kemasannya. Sangat keterlaluan!” komentar Agustina, pengunjung lainnya yang berasal dari Jakarta.

Pengelolaan kawasan Megamas seharusnya memperhatikan hal ini.

 

Jarrakposmanado/AND

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close